Langsung ke konten utama

Carica? Apakah itu?

"Buah istimewa dari tanah Dewa"

Barangkali sebagian dari Anda yang membaca posting ini pernah mendengar yang namanya Carica (Carica candamarcencis). Tapi penulis yakin bahwa lebih banyak lagi yang belum pernah melihat tahu bahkan mendengar nama ini sekalipun.
Carica adalah nama singkat dari buah yang mirip dengan pepaya. Ia masuk ke dalam family Caricaceae dan satu genus dengan Pepaya (Carica papaya L). Jadi, Carica ini sepintas mirip dengan pepaya yang kebanyakan kita kenal.
Namun walaupun mirip ternyata ada banyak perbedaan antara carica dengan pepaya. Apa saja perbedaannya, mari kita kupas satu  per satu:


  1. Perbedaan yang pertama dari segi penampakannya. Carica berukuran kecil-kecil. 1 buah carica bobotnya hanya berkisar antara 1-3 ons saja. Beda dengan pepaya yang beratnya bisa mencapai lebih dari 3 kg. Jadi, ukuran buah Carica ini kira-kira hanya seukuran telapak tangan saja. Hmm..kecil bukan? Namun walaupun kecil buah yang dihasilkan dari satu pohon jumlahnya banyak sekali. 
  2. Ketika dibelah, didalamnya terdapat biji dan cairan kuning kental yang aromanya harum dan segar. Kalau dicicipi rasanya cenderung masam. 
  3. Ketika sudah tua dan matang buah tidak bisa langsung dimakan. Carica harus diolah dulu dijadikan manisan atau dodol karena jika langsung dikomsumsi rasanya tidak enak. Tapi, kalo sudah dijadikan olahan misalnya, Carica in light syrup,....hmm jangan ditanya deh rasanya. Ampun, enak luar biasa. Manis dan crunchy..karena mengandung serat di dalamnya. Ini berbeda dengan pepaya yang tidak berserat dan lembek. Sangat cocok dikonsumsi untuk daerah panas seperti di Sidoarjo tempat saya tinggal.
  4. Tanaman ini hanya cocok tumbuh di daerah dataran tinggi. Dieng adalah tempat yang sangat cocok mendukung pertumbuhan carica walaupun di tempat lan seperti di Bali katanya juga bisa tumbuh.
 Kebanyakan buah ini diolah menjadi manisan buah, Carica in light syrup. Di dataran tinggi Dieng carica ini diolah secara home Industri yang dikemas dalam cup maupun botol dengan berbagai macam merk. Dari sekian banyak merk yang ada ada satu merk yang sudah cukup terkenal yaitu Golden Carica.

Prima Buah Surabaya


Sanrio



Sajian dalam gelas Foto by We Ardi

 Di wilayah Jawa Timur, Golden Carica dipasarkan oleh CV. Bhumipala Global Sejahtera yang berkantor di kota Mojokerto.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batankrajan Gedeg, Sentra pengrajin perak di Mojokerto

Yogyakarta dari dahulu dikenal sebagai sentra pengrajin perak yang dikenal di seluruh penjuru tanah air. Disana pengrajin menghasilkan kreasi kerajinan yang memukau dengan harga yang bervariasi. Namun siapa sangka di Mojokerto pun terdapat sentra pengrajin perak tepatnya di Batankrajan kecamatan Gedeg, Mojokerto. Lokasinya berada di sebelah Barat laut Kota mojokerto. Dari kota Mojokerto menyeberang jembatan Sungai Berantas kearah Gedeg, setelah sampai Rumah sakit Ibu dan Anak Mutiara Hati ke kanan melewati Jembatan tol yang sedang dibangun kira-kira 3 km. Sampai di gerbang masuk dusun Anda akan disambut ucapan selamat datang di setra pengrajin Perak desa Batankrajan. Tetapi begitu masuk Anda pasti akan   kaget   karena tidak menemukan kios-kios yang   memajang hasil kerajinan. Yang ada disana hanyalah mini baliho yang mencantumkan nama galerinya. Jadi Anda harus turun dari kendaraan dan mengetuk pintu bertemu dengan tuan rumahnya. Barulah Anda akan ditunjukkan hasil kreasi pe

Buah Carica mencegah penuaan dini

Buah yang satu ini memang unik dan sangat spesial. Biasanya orang mengkonsumsinya sudah dalam bentuk olahan berupa manisan buah ( Carica in light syrup), dodol maupun syrup buah carica. Spesial karena setiap orang akan menyukai rasanya dan orang akan terkejut ketika mengetahui bahwa buah aslinya mirip seperti buah pepaya. Pepaya rasanya senikmat ini?? Ya, pepaya... namun banyak perbedaan dibandingkan pepaya. Lebih detilnya bisa baca blog yang saya posting sebelumnya. Carica ini ternyata memiliki kandungan vitamin C  berkisar antara 25-30 mg/100 g buah yang sudah diolah dan vitamin A berkisar 300-500 µg/100gr . Didalamnya juga terdapat vitamin E. Bahkan ada suatu penelitian yang mengungkapkan bahwa kadar vitamin C pada buah yang matang bahkan mencapai 89%. Dilihat dari kandungannya ternyata kandungan zat anti oxidant nya cukup tinggi sedangkan kebutuhan harian vitamin C untuk orang normal dewasa kurang lebih 80 mg/hari. Kita tahu bahwa anti oxidant vitamin A, C da